INOVASI TEKNOLOGI

Pada tugas soft skill kali ini saya akan menuliskan tulisan mengenai “Terobosan Inovasi Teknologi”. Terobosan atau ide yang saya pikirkan yaitu tentang “SISTEM KEAMANAN RFID BERBASIS MIKROKONTROLER”.

RFID atau Radio Frequency Identification, adalah suatu metode yang mana bisa digunakan untuk menyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFID tag atau transponder.

RFID tag adalah sebuah benda kecil, misalnya berupa stiker adesif, dan dapat ditempelkan pada suatu barang atau produk. RFID tag berisi antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan oleh suatu RFID transceiver.

  • Keuntungan dari pemakaian RFID adalah:

1. Data yang dapat ditampung lebih banyak daripada alat bantu lainnya (kurang lebih 2000 byte)

2. Ukuran sangat kecil (untuk jenis pasif RFID) sehingga mudah ditanamkan dimana-mana

3. Bentuk dan design yang flexibel sehingga sangat mudah untuk dipakai diberbagai tempat dan kegunaan karena chip RFID dapat dibuat dari tinta khusus.

4. Pembacaan informasi sangat mudah, karena bentuk dan bidang tidak mempengaruhi pembacaan, seperti sering terjadi pada barcode, magnetik dll.

5. Jarak pembacaan yang flexibel bergantung pada antena dan jenis chip RFID yang digunakan.Seperti contoh autopayment pada jalan tol, penghitungan stok pada ban berjalan, access gate.

6. Kecepatan dalam pembacaan data.

  • Cara kerja dari RFID

Pada umumnya RFID tidak memancarkan sinyal terus-menerus. Untuk menghemat baterai, RFID hanya akan memancarkan sinyalnya apabila ada sinyal pemicu yang sesuai dengan tata cara pengiriman dan penerimaannya (protokol). Sinyal pemicu ini biasanya ditempatkan menjadi satu pada alat  pemancar/penerima (reader dan antena). Secara singkat dapat dijelaskan bahwa sebenarnya RFID tag dan reader/antena keduanya merupakan transceiver

kesimpulanya RFID akan memencarkan sinyal apa bila RFID tag di dekatkan pada RFID readernya agar RFID readernya dapat memancarkan sinyal

cara kerja dari alat keseluruhan

RFID reader di koneksikan dengan mikrokontroler yang telah terprogram agar data yang di terima oleh RFID reader menjadi masukan perintah dari motor servo yang terhubung dengan output dari mikrokontroler untuk menarik dari slot kunci dengan syarat data yang dikirimkan dari RFID reader ke mikrokontroler sesuai dengan data yang diinginkan oleh mikrokontroler namun bila data yang tidak diinginkan olek mikrokontroler servo tidak akan menarik slot kunci.Apabila slot kunci sudah tertarik olek servo maka untuk memberi perintah agar servo mendorong slot kunci perlu di berikan sebuah push button agar ketika di tekan slot kembali mengunci.

 Sumber :

Tentang ekofitriyanto

hobby drag race
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s